www.tipsdiet.org
Madu Diet




Pola Makan Sahur dan Buka Puasa Tepat Terbaik

Menu makanan sahur dan buka puasa sehat harus disesuaikan dengan pola makan yang sehat pula. Mengatur keduanya bisa membantu kita dalam menjaga kondisi tubuh ketika berpuasa, khususnya jika kita tetap ingin mengecilkan perut selama bulan puasa.

Menu makanan dan pola makan sahur dan buka puasa tepat terbaik

Pola Makan Sahur dan Buka Puasa Tepat Terbaik

 

Pola pikir

Pola pikir yang sederhana bisa membantu kita dalam menjaga kebugaran saat berpuasa. Pola pikir sederhana seperti apakah itu? Saat berpuasa, kadang kita berpikir bahwa kita harus tidak makan selama seharian. Ini tidak salah, namun lebih baik diganti dengan melihat dari sudut pandang yang lain. Bahwa berpuasa sejatinya hanya mengubah jam makan. Makan pagi lebih pagi, yakni sahur. Dan makan siang diganti jamnya menjadi jam buka puasa. Sementara makan malam adalah saat menyantap camilan sehat usai buka puasa. Bukankah dengan pola pikir seperti ini, Anda terlihat tetap makan 3 kali sehari seperti hari biasa?

Menu makanan

Pilihan makanan juga mempengaruhi seberapa fit tubuh Anda dan diet sehat yang Anda lakukan. Sebaiknya saat berpuasa, pilihlah makanan dengan kandungan nutrisi lengkap dan seimbang. Di mana ada protein, lemak, juga karbohidrat. Namun lagi-lagi, Anda disarankan untuk memilih yang sehat. Lemak sehat, karbohidrat kompleks, dan protein. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk minum air putih dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Hindari minuman yang manis, bersantan, seperti kolak, sirup, dan yang lainnya. Sebaliknya, pilihlah jus buah untuk menggantikan menu minuman tersebut. Buah dengan kadar air banyak bisa membantu, di antaranya semangka, melon, hingga jeruk.

Ketika sahur, sebaiknya konsumsi buah mentah saja (makan beserta ampasnya). Kalau berbuka, Anda bisa membuat jus buah tanpa gula tambahan supaya diet sehat selama bulan puasa Anda tidak menjadi kacau. Hal ini karena buah mentah memiliki kandungan karbohidrat sekaligus serat yang lama dicerna. Sisi baiknya, Anda tidak akan mudah merasa lapar di malam hari.

Baca Juga: Turun Berat Badan Saat Bulan Puasa, Begini Caranya

Perlakuan

Ketika makan berbuka, jangan terlalu banyak porsinya alias berlebihan. Di samping itu, ketika Anda selesai sahur, hendaknya tidak langsung tidur. Pakailah duduk atau beraktivitas ringan dulu. Sebab ketika makanan yang baru saja masuk dipakai tidur, biasanya akan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Di antaranya, kembung. Atau masalah lainnya yang berhubungan dengan lambung, akibat asam lambung yang naik.

Itulah beberapa tips memilih pola makan sahur dan buka puasa selama Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu program langsing Anda dengan baik.


Tags: , , , , , , , , , menu sahur yang tepat untuk turunkan berat badan, pola makan aurel saat ramadhan, jam makan yang tepat saat buka dan sahur bagi yang sedang dayet, pola makan saat sahur, Waktu makan tepat saat buka puasa, Pola makan sahur yang baik, makan sahur dan buka ysng benar, makan sahur terbaik, makanan buka puasa agar tetap lanhsing, jam brpa makan sahur yang sehat, jadwal menu puasa dan sahur untuk menurunkan berat badan, jadwal makan sehat selama puasa sebulan, jadwal makan sahur ponti nero congo, Cara pas untuk makan pada sahur, cara mengatur pola makanan dan minuman saat sahur dan berbuka, cara mengatur pola makan yg baik saat puasa, cara berbuka dan sahur yg tepat