www.tipsdiet.org
Madu Diet




Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil, Lengkap & Seimbang!

Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil, Lengkap & Seimbang! – Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil berbeda dengan nutrisi yang dikonsumsi sebelum hamil. Asupan makanan perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Makanan dengan nutrisi lengkap dan seimbang akan membuat pertumbuhan tubuh dan otak janin menjadi optimal.

Contoh makanan yang sehat untuk ibu hamil, dikategorikan berdasarkan nutrisinya

Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil, Lengkap & Seimbang!

Energi

Tambahan energi yang dibutuhkan saat hamil adalah 55.000 kalori selama 280 hari kehamilan. Kebutuhan kalori ini naik sebanyak 15% dibandingkan dengan sebelum hamil. Contoh makanan sehat tinggi kalori adalah milk shake susu kedelai, yang bisa dicampur buah, tahu, atau yoghurt. Selain itu, kacang-kacangan, mentega, dan buah kering juga menjadi makanan yang direkomendasikan.

Jika anda masih hamil muda, disarankan untuk membaca panduan makanan sehat bagi kehamilan muda.

Protein

Selama masa kehamilan, protein dibutuhkan untuk menyokong pertumbuhan pada janin dan plasenta. Sumber protein nabati terbaik adalah tempe. Tempe memiliki spektrum asam amino paling lengkap dan paling mudah diserap tubuh. Susu kedelai dan tahu juga dapat dikonsumsi secara rutin.

Zat Besi

Karena kenaikan volume darah pada masa kehamilan, kebutuhan zat besi pun tinggi. Sumber zat besi tinggi dapat diperoleh dari kurma Cina, kismis, Kurma Arab, bayam, jeruk, dan jambu. Asupan tersebut merupakan beberapa makanan yang sehat untuk ibu hamil, khususnya untuk melengkapi kebutuhan zat besi.

Lalu jika kondisi kehamilan anda sudah memasuki masa mau melahirkan, disarankan untuk melakukan senam hamil memperlancar persalinan.

Kalsium

Sekitar 30 gram kalsium dibutuhkan pada masa kehamilan untuk menyintesis tulang dan gigi janin. Beberapa asupan makanan seperti keju, coklat, dan puding ternyata bukan merupakan sumber kalsium yang baik. Salah satu sumber kalsium tertinggi adalah wijen hitam. Kandungan kalsiumnya bahkan lebih tinggi dari susu. Selain itu, ada beberapa sayuran yang mengandung kalsium seperti sawi, brokoli, kailan, dan lobak hijau.

Vitamin

Berbagai macam vitamin diperlukan pada masa kehamilan. Namun, vitamin yang terpenting adalah vitamin D dan B12. Peranannya adalah untuk mentransfer kalsium di plasenta serta untuk sintesis protein dan pembelahan sel yang normal. Vitamin dapat diperoleh dari berbagai sayur dan buah-buahan.

DHA & Folat

DHA merupakan tipe lemak yang penting untuk perkembangan retina dan otak. Beberapa zat DHA dapat dibuat oleh tubuh dari asam linolenat yang dapat ditemui pada biji kuaci, walnut, kacang kedelai, dan lain-lain. Sedangkan folat bisa ditemukan pada sayuran hijau berdaun lebat.

Zat Seng (Zinc)

Konsumsi zat seng dianjurkan naik sampai 50% pada masa kehamilan. Meskipun kacang dan biji-bijian merupakan sumber zat seng yang baik, namun persediaan zat seng di dalamnya lebih rendah dari produk hewani. Selain itu, biji-bijian yang sudah berkecambah akan memiliki zat seng yang lebih tinggi.

Itulah beberapa makanan yang sehat untuk ibu hamil, yang dapat dikonsumsi secara teratur. Kombinasi makanan yang lengkap dan seimbang akan membuat janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Jika anda sudah melahirkan, bisa mengikuti metode cara mengecilkan perut ala dian sastro pasca melahirkan, terbukti turun 18 kg. (AE)


Tags: , , , , , , , , , , , , contoh kombinasi makanan yang gagal diserap pada ibu hamil, makanan kombinasi yang diserap tubuh pada ibu hamil