www.tipsdiet.org
Madu Diet




Kurang Tidur Gagalkan Cara Menguruskan Badan, Ini Sebabnya

Kurang Tidur Gagalkan Cara Menguruskan Badan, Ini Sebabnya – Sudah bukan rahasia lagi jika ada hubungan erat antara tidur dengan penurunan berat badan. Bahkan, istirahat yang cukup disebut-sebut sebagai satu kunci dalam penurunan berat badan selain makanan sehat, olahraga, dan konsumsi air putih. Keterkaitan ini adalah pada kurangnya tidur yang dianggap bisa menggagalkan rencana diet sehat yang sedang dijalani. Para peneliti pun melakukan studi untuk membuktikan hal ini. Studi yang dilakukan di University of Pennsylvania menyebutkan bahwa seseorang yang setiap harinya tidur kurang dari 8 jam bisa menambah kalori hariannya sebanyak 553 kalori. Dijelaskan secara rinci, mereka yang tidak tidur atau terjaga di jam 10 malam hingga 4 pagi bisa mengalami kebiasaan buruk dalam mengonsumsi makanan. Hal ini kemudian menjadikan pertambahan berat badan bukan menurunkannya. Mengapa penambahan berat badan ini bisa terjadi? Ulasan kami di bawah ini akan menjawab pertanyaan Anda itu.

Ini dia sebab kurang tidur gagalkan cara menguruskan badan

Kurang Tidur Gagalkan Cara Menguruskan Badan

Senang makan junk food

Penelitian yang dilakukan di Universityof California menyatakan bahwa seseorang yang kurang tidurbisa menyebabkan bagian otak yang biasanya membuat keputusan kompleks menjadi terganggu. Akibatnya otak mengontrol keinginan menjadi lebih kuat dari pada biasanya. Sayangnya, orang yang kurang tidur lebih tertarik untuk makan junk food ketimbang buah dan sayur. Junk food ini dipilih karena mengandung kalori tinggi sementara makanan seperti buah dan sayur tidak bisa menggugah selera makan.

Suka ngemil dan tidak terkontrol

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Medical College of Wisconsin dan University of Chicago ditemukan bahwa kurang tidur gagalkan cara menguruskan badan. Hal ini terbukti ketika seseorang yang tidak cukup tidur bisa membuat tubuh mengeluarkan satu molekul yang disebut dengan 2-AG. Molekul inilah yang bisa menyulut rasa lapar sehingga membuat seseorang ingin makan terus. Dalam penelitian itu diperlihatkan bahwa obyek penelitian (partisipan) yang tidur selama 4,5 jam sehari akan memproduksi molekul tersebut dalam jumlah yang lebih banyak. Logikanya, semakin banyak molekul ini dikeluarkan, maka semakin besar pula keinginan untuk makan. Karena kadar molekul semakin tinggi di sore hari, maka saat tersebut keinginan ngemil juga meningkat.

Hot: Kumpulan Cara Menurunkan Berat Badan yang Ampuh

Porsi banyak di pagi

Seseorang yang tidak cukup tidur juga mengeluhkan rasa lapar ketika bangun di pagi hari. Hal ini mengakibatkan seseorang makan lebih banyak saat sarapan. Tidak hanya itu, keinginan makan juga bisa muncul saat waktu makan selanjutnya, baik makan siang maupun saat makan camilan di antara pagi dan siang hari. Telah ditemukan juga bahwa dengan kurang tidur, hormon ghrelin yang merangsang selera makan akan dilepaskan.

Itulah beberapa sebab mengapa kurang tidur gagalkan cara menguruskan badan Anda. Maka dari itu, istirahat yang cukup menjadi cara efektif untuk bisa membantu kelancaran program diet Anda.

Salam Ramping – tipsdiet.org


Tags: , , , , , apakah kurang tidur dapat menguruskan perut, tips gagalkan dalam medical