www.tipsdiet.org
Madu Diet




Cara Menahan Dahaga/Haus Saat Berpuasa Ramadhan

Mengetahui tips menahan dahaga/haus saat berpuasa bisa jadi bekal Anda sebelum menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Wajar lho? Kita semua tahu kalau sudah berpuasa, tantangan yang harus kita lalui adalah rasa haus yang datang saat matahari sedang terik seperti di atas ubun-ubun. Kalau tidak pandai menahan dan memilih menyerah dengan minum air putih, maka batallah puasa kita. Maka dari itu, yuk simak tips di bawah ini untuk tahu cara baik menahan haus ketika bulan Ramadhan.

Begini Lho Cara Aman Menahan Haus dan Dahaga Saat Berpuasa

Cara Menahan Dahaga/Haus Saat Berpuasa Ramadhan

 

Pilihan makanan

Menu makanan yang kita makan saat sahur dan berbuka sangat mempengaruhi keadaan tubuh kita ketika sedang berpuasa, tidak hanya bersinggungan dengan lapar tetapi juga dahaga. Sebaiknya untuk makanan baik selama berpuasa, hindari makanan yang pedas dan berminyak. Atau jenis-jenis makanan yang bisa membuat perut terasa panas. Anda juga disarankan untuk tidak memilih makanan yang mengandung garam dalam jumlah besar. Itu berarti sebaiknya masak makanan Anda dengan bumbu secukupnya, jangan terlalu asin atau kebanyakan garam. Selain makanan asin, makanan seperti acar juga tidak disarankan untuk dikonsumsi sebab bisa meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.

Selain pilihan makanan yang harus dihindari, Anda juga harus memilih menu makanan sehat puasa yang harus ada saat berbuka dan sahur, yakni sayur dengan buah. Anda bisa mengolah buah menjadi jus namun sebaiknya tidak usah tambahkan gula supaya lebih aman. Kemudian, untuk sayurnya bisa Anda olah menjadi sayuran biasa namun dengan cara pengolahan yang sehat.

Pilihan minuman

Sekarang, mari kita pilih menu minuman terbaik saat puasa, baik sahur maupun buka puasa. Minuman yang baik jelas air putih, yang harus kita minum sebanyak delapan hingga sepuluh gelas selama sehari. Antara buka puasa hingga jelang imsyak. Sementara itu, untuk minuman yang dihindari adalah minuman yang bersoda, minuman dengan kandungan gula buatan tinggi, serta minuman dingin yang mengandung banyak es. Kenapa? Minum air es ketika berbuka puasa memang terlihat sangat menyegarkan, namun ini hanya tipuan belaka. Yang benar, dengan minum air es, akan ada kontraksi di pembuluh darah, inilah yang kemudian bisa menjadi penyebab gangguan pada sistem pencernaan selama berpuasa.

Baca Juga: Ternyata, Sit Up Salah Jadi Penyebab Perut Buncit, Apa Lagi?

Ketahui pentingnya air putih

Meminum air putih merupakan satu hal yang wajib, tidak hanya bagi mereka yang berpuasa, tetapi yang sedang tidak berpuasa pun harus minum minimal 2 liter sehari. Hal ini tidak lepas dari manfaat penting dan kegunaan dari air putih itu sendiri. Fakta bahwa sekitar 60 sampai 70 persen tubuh manusia terdiri dari air juga menjadi faktor utama kenapa kita membutuhkan air setiap harinya. Sehingga tubuh dan fungsinya dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Demikian informasi mengenai cara mudah menahan haus dan dahaga ketika berpuasa. Semoga ada manfaatnya buat tips sehat dan diet Anda ya?


Tags: , , , , , , , cara menahan haus, cara menahan haus saat puasa, tips menahan haus saat puasa, cara menghilangkan dahaga saat puasa, menahan dahaga, cara menahan puasa, cara agar puasa tidak haus, cara menahan haus di bulan puasa, bagaimana menahan haus di bulan puasa, cara puasa tidak haus, bagaimana cara menahan puasa, cara menahan haus dibulan puasa, menahan puasa, cara menghilangkan haus saat puasa, untuk menghilangkan aus saat bulan puasa, cara cara menahan puasa, cara hilang kan dahaga ketika berpuasa