www.tipsdiet.org
Madu Diet




4 Obat Diet yang Aman untuk Menurunkan Berat Badan

4 Obat Diet yang Aman untuk Menurunkan Berat Badan – Keinginan untuk memiliki tubuh langsing membuat banyak wanita melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan mereka. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan pelangsing. Sayangnya, tak semua obat pelangsing dapat dikonsumsi secara aman. Minimnya informasi mengenai kandungan yang aman pada obat pelangsing membuat banyak wanita telah mengambil risiko dengan meminum obat yang memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Sebaiknya Anda jangan cepat percaya pada obat pelangsing yang dapat menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Obat golongan diuretika bahkan bisa menurunkan berat badan hingga 1,5 kg dalam seminggu. Obat semacam ini patut diwaspadai dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena berakibat fatal pada keseimbangan elektrolit pada tubuh.

Obat diet yang aman dikonsumsi, digolongkan berdasarkan cara kerjanya

Obat diet yang aman dikonsumsi, digolongkan berdasarkan cara kerjanya

Pertama, Penekan Nafsu Makan

Ada dua tipe obat pada golongan ini, yaitu penekanan nafsu makan yang bekerja pada otak (sentral) dan pada daerah lambung (perifer). Contoh obat yang bekerja pada otak adalah amfetamin. Sedangkan contoh obat yang bekerja pada lambung adalah yang mengandung zat fiber. Golongan yang kedua ini cenderung memberikan rasa kenyang tanpa menambah energi, sehingga cukup aman dikonsumsi dengan diimbangi banyak minum air putih.Baca pola makan diet yang tak menyiksa.

Kedua, Penghambat Pembentukan Lemak

Fungsi dari bahan pelangsing pada golongan ini adalah untuk menghambat terbentuknya lemak yang ada di tubuh serta bisa menambah energi glikogen, di mana energi ini mampu membantu menurunkan atau mengurangi nafsu makan. HCAmerupakan komponen penting dalam golongan ini. Substansi HCA sendiri dihasilkan dari ekstraksi tumbuh-tumbuhan familia Garcinia. Sebagai tambahan informasi, pada sebuah penelitian yang dilakukan perusahaan besar Hoffmann-LaRoche, HCAdisimpulkan aman dan bahkan lebih aman daripada asam sitrat pada buah jeruk.

Ketiga, Pembakar Lemak

Zat yang bisa membakar lemak dalam tubuh antara lain chromium picolinate, gamma-linoleic acid, L carnitine, kalium, dan magnesium. Lima zat tersebut diklaim sebagai obat diet yang aman sebab memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dengan banyak cara. Salah satu dan yang paling utama adalah dengan cara merangsang saraf, yakni saraf simpatis, yang berfungsi untuk menghangatkan enzim-enzim penambah reaksi termogenik dan suhu tubuh.

Keempat, Pencegah Penyerapan Kalori di Usus

Zat laksatif dan zat kelasi merupakan dua jenis zat yang termasuk dalam golongan pencegah penyerapan kalori di usus manusia. Zat laksatif berfungsi mencegah terjadinya penyerapan kalori di usus dengan cara mempercepat transit makanan di usus halus. Namun, konsumsinya harus dalam dosis ringan. Contoh obat yang dianjurkan yaitu Casana sagrada, licorice, dan ginger. Zat pada golongan yang kedua antara lain kolestiramine dan chitosan. Fungsi zat-zat tersebut adalah mengikat asam empedu dan lemak.

 

Itulah empat golongan obat diet yang aman dan bisa Anda konsumsi. Efek samping yang terdapat pada obat berbahan kimia memang selalu ada. Namun, selama Anda mengonsumsinya dalam dosis yang tepat, Anda akan berhasil menurunkan berat badan secara sehat dan aman. Sekarang, lakukan cek sekali lagi pada kandungan dalam obat diet Anda, ya! (AE)


Tags: , , , , , , , golongan obat pelangsing yang aman, golongan obat2 an menurunkan berat badan, obat penekan nafsu makan, obat penekan nafsu makan yang disebabkan kolestrol